Covert Influence (Bag.2)

Table of contents for Covert Influence

  1. Covert Influence (Bag.1)
  2. Covert Influence (Bag.2)

Teman2, di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang covert influence untuk mempengaruhi dan mengarahkan perilaku orang lain supaya mereka berperilaku sesuai dengan yang kita harapkan dari mereka.

lingkaran

Lingkaran Influence

Kita juga sudah membahas tentang lingkaran influence yang menjadi peralihan dari hal hal yang masih dibawah kontrol kita kehal hal yang sudah diluar kontrol kita.

Dan influence bukan saja efektif digunakan dalam pekerjaan dan bisnis, melainkan juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai aspek dalam hidup sehari hari, influence memungkinkan kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dengan cara yang lebih mudah dan efektif.

segitiga influence

Segitiga Influence

Dalam artikel kali ini saya akan membahas faktor apa saja yg kita butuhkan untuk mampu melakukan influece dengan efektif, diantaranya adalah:

  • Self control, ini merupakan faktor terpenting dalam influence, jika kita tidak mampu  mengontrol dan memanage diri sendiri, maka akan lebih susah lagi bagi kita untuk mempengaruhi orang lain. Yang termasuk dalam self control adalah aktifitas aktifitas seperti mengelola waktu dan sumber daya dengan efektif, mengelola stress, pikiran dan emosi, memotivasi diri sendiri, mengatasi rasa malas dan kurang percaya diri dan lain lain yang akan saya bahas dengan lebih rinci lagi di artikel mendatang.
  • Clarity: benar2 jelas dengan apa yang kita inginkan, krn selama kita blm jelas dgn apa yg kita inginkan, akan susah bagi kita utk mendapat hasil yg efektif, misalnya ketika kita membujuk seorang teman untuk melakukan tugas A dan setelah dikerjakan ternyata yang kita inginakan sebenarnya adalah teman kita mengerjakan tugas B. Jd sblm anda mulai mempraktekkan influence, harus ada kejelasan tentang apa yang kita inginkan, mengapa kita mau, dan dalam konteks apa kita menginginkannya, jadi harus benar benar jelas tentang tujuan dari influence tersebut, nantinya saya akan membahas lebih rinci lagi tentang apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan clarity.
  • Kemudian  untuk mampu mempraktekkan influence dengan baik, kita tentu saja harus memiliki strategi, taktik dan action plan yang efektif, untuk itu nantinya saya akan membahas strategi strategi yang dikembangkan berdasarkan pemahaman tentang psikologi perilaku manusia dan cara kerja program otomatis tersebut, juga akan dibahas strategi strategi yang sudah terbukti efektif dan pernah digunakan oleh tokoh tokoh dunia  yang terkenal.

Secara umum dalam influence tidak dianjurkan untuk melakukan konfrontasi, tapi pendekatan kita selalu disesuaikan dengan kecenderungan pola perilaku dari orang yang ingin kita perngaruhi, sehingga orang orang rela melakukan apa yang yang kita harapkan dari mereka dengan sukarela dan merasa bertindak atas kemauannya sendiri.

  • CommuniAction, sebuah action hanya memberikan hasil kalau dijalankan. Dalam eksekusi rencana dan strategi yang sudah kita buat, kita tentu saja membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang efektif. Yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif adalah keterampilan mendengar dengan baik dan mengungkapkan serta menyampaikan apa yang kita pikiran dengan jelas dan bebas dari distorsi.
  • Influence adalah sebuah keterampilan yang semakin dilatih semakin bagus, oleh karena itu evaluasi dan review hasil dari strategi dan rencana yang digunakan itu penting, karena hal ini memberikan feedback tentang strategi yang bermanfaat untuk evaluasi dan untuk modifikasi strategi dan taktik berikutnya.

Jadi proses influence adalah sebuah proses yang kompleks dan membutuhkan taktik dan keterampilan berkomunikasi yang efektif.

Di artikel yang berikutnya saya akan membahas strategi, taktik dan keterampilan yang biasa digunakan satu persatu secara detil.

Sampai jumpa dan salam Turbo.

Awie Suwandi

The Mind TranceFormer